Rabu, 22 Oktober 2008

malu

Malu adalah sebuah perasaan yang sensitif terhadap lingkungan sekitar. Ada sesuatu yang kita sembunyikan dan orang lain tidak perlu mengetahuinya. Semua orang memiliki rasa malu, tidak memandang laki-laki maupun perempuan. Konon, perempuan memiliki rasa malu yang lebih dibanding laki-laki untuk mengimbangi hasrat seksualnya yang menggebu-gebu. Inilah mungkin keadilan Tuhan dalam menciptakan manusia.
Rasa malu tidak bisa disembunyikan, apalagi dihilangkan. mustahil, seseorang begitu piawi menghilangkan rasa malu atau menyembunyikannya. yang mampu dilakukan hanyalah menyamarkan saja. namanya saja menyamarkan, tentu saja masih terlihat, meskipun samar-samar.
Dalam beberapa kasus, rasa malu memang harus dikembangkan. tentunya jika kita terjebak dengan kejadian yang melanggar norma-norma, baik norma agama, norma masyarakat maupun norma negara. untuk menumbuhkan rasa malu ini, perlu pembelajaran yang benar-benar serius dan kemauan yang besar. Sehingga setiap kita melakukan pelanggaran, tumbuhlah rasa malu. baik rasa malu secara horisontal maupun vertikal.
rasa malu horisontal sangat berat memunculkannya, apalagi vertikal. untuk itulah perlu pembudayaan rasa malu. dimulai dari yang horisontal, kemudian menuju ke yang vertikal. selamat bermalu ria ...

Tidak ada komentar: